Pengertian DDOS attack dan cara kerja DDOS attack

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai DDOS attack dan cara kerja DDOS attack itu sendiri seperti apa? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Apakah kalian tahu apa itu DDOS? DDOS merupakan singkatan dari Distributted Denial Of Service adalah serangan di dunia maya yang mengandalakan dan membanjiri lalu lintas jaringan pada server,sistem atau network jaringan. Pada umumnya serangan ini dilakukan menggunakan komputer host tertentu untuk menyerang komputer target supaya komputer target tidak bisa di akses.

Pengertian DDOS Attack

Pada era teknologi ini semakin majunya teknik keamanan jaringan dan sistem, sehingga membuat DDOS menjadi senjata yang sangat populer digunakan oleh para hacker-hacker handal untuk menjatuhkan sebuah sistem. Biasanya mereka tidak bisa masuk ke dalam sistem yang menggunakan security, maka cara yang paling ampuh adalah dengan cara mematikan server dengan cara menyerangnya menggunakan DDOS attack tersebut. DDOS ini digunakan oleh para hacker dengan cara mengirimkan paket / data secara berkelanjutan. Dengan menggunakan serangan DDOS ini komputer server yang diserang akan mengalami overload karena tidak dapat menampung beban layanan pada server.

Namun yang perlu diketahui adalah serangan DDOS hanya membutuhkan teknik yang sederhana, karena serangan DDOS sendiri sangat bergantung pada kemampuan server dalam menampung sistem keamanan seperti firewall, seperti melakukan DDOS kepada suatu domain tertentu misalnya google.

Karena pada dasarnya server yang digunakan pada google bisa menampung request yang sangat banyak, berbeda dengan melakukan serangan DDOS pada server kecil saja misalnya pada server kantor atau rumahan, jika itu dilakukan pasti server tersebut akan cepat down dengan catatan pada server kantor / rumahan yang terkena serangan DDOS itu tidak mampu mendeteksi aktifitas mencurigakan yang masuk ke dalam server.

Cara kerja serangan DDOS

Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa serangan DDOS sendiri adalah dengan melakukan kiriman paket data secara terus menerus tanpa berhenti sehingga dapat membanjiri lalu lintas jaringan pada komputer yang menjadi target serangan DDOS tersebut, tipe-tipe dibagi menjadi 3. Berikut 3 tipe serangan DDOS yang sering digunakan:

  1. Flooding Request, adalah sebuah taknik serangan DDOS yang melakukan pengiriman paket secara terus menerus sehingga membanjiri lalu lintas jaringan, akibatnya pengguna lain yang juga meminta layanan tidak dapat dilayani oleh server.
  2. Traffic Flooding, merupakan teknik yang secara kerja sama seperti request flooding, namun yang menjadi pembeda adalah paket yang di kirim, jika dalam request flooding yang dikirim adalah request, dalam teknik traffic flooding yang dikirim adalah data, sehingga pengguna lain tidak dapat dilayani.
  3. Crack Config, Cara kerja pada teknik serangan DDOS ini adalah dengan mengubah konfigurasi dan merusak sistem bahkan komponen pada server sehingga server tidak dapat melakukan pelayanan kembali, tetapi teknik ini jarang digunakan karena sangat susah, hanya hacker-hacker tertentu yang bisa menggunakan teknik ini.

Jika melihat berdasarkan layer OSI ada sebuah teknik serangan yang bernama DDOS Layer Aplikasi, serangan seperti ini sedikit berbeda dengan tiga teknik diatas, jika pada penjelasan sebelumnya memiliki tipe serangan ‘mengirim’ jika pada serangan DDOS Layer Aplikasi justru mengambil dari sumber daya server target, Hal ini mengakibatkan server mengalami crash, dan pastinya server akan mengalami penumpukan beban yang berlebih.

Pada DDOS protokol sendiri memiliki teknik serangan dengan cara melakukan kiriman paket secara terus menerus dalam bentuk spoofing alamat IP dalam jumlah yang besar. Hal ini dapat mengakibatkan server melakukan koneksi secara terus meneurs ketika ada koneksi yang masuk ke server. Sama seperti teknik DDOS yang lain, teknik DDOS protokol ini sendiri dapat menyebabkan server mengalami overload karena tidak mampu menampung semua beban yang masuk ke dalam server.

Setelah mengetahui apa itu teknis DDOS, bagiaman awal mula di temukannya teknik DDOS ini dalam bentuk serangan ke server seperti penjelasan di atas? Awal mula DDOS Attacker terjadi pada tahun 1996 dimana ketika itu terjadi serangan yang diberi nama SYN Flooding Attack yang memiliki tujuan untuk mengeksploitasi protokol Transfer Control Protocol (TCP).

Demikian penjelasan mengenai apa itu DDOS attack dan cara kerja DDOS sendiri seperti apa. Nah bagi anda yang bekerja di dunia IT dengan membaca artikel ini bisa tahu apa itu serangan DDOS dan juga cara kerjanya, tentu juga harus tau bagaimana cara mengantisipasi DDOS itu sendiri.

Karena cara terbaik untuk mengantisipasi serangan DDOS dari para hacker adalah dengan meningkatkan keamanan security yang diterapkan pada server komputer agar cepat tanggap dalam melihat menerima paket data yang mencurigakan,sehingga tidak semua paket dapat masuk ke dalam server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *