Membuat bootable flashdisk menggunakan Rufus

Posted on

Halo sobat, apa yang sobat biasa lakukan dengan komputer yang sobat miliki? Untuk pekerjaan, bermain game ,belajar? Apapun yang sobat lakukan dengan komputer yang sobat miliki bisa sobat gunakan untuk berbagai hal yang baik.

Di dalam komputer pasti ada yang namanya Sistem Operasi atau yang biasas disebut dengan istilah OS/Windows. Biasa kita melakukan instalasi windows menggunakan dvd asli windows, tapi ada cara lagi tanpa harus menggunakan dvd windows, ya banyak cara bisa kita lakukan. Kita bisa menginstal windows menggunakan flashdisk yang kita miliki.

Tentu saja menggunakan flashdisk kita harus membuat bootable terlebih dahulu menggunakan software tertentu. Yang kami bahas kali ini adalah membuat bootable menggunakan software “RUFUS”. Sobat bisa simak langkah-langkahnya :

Langkah-langkah membuat Bootable flashdisk dengan RUFUS

  • Pertama-tama sobat silahkan download atau unduh dan instal terlebih dahulu software rufus, software bisa di download di link berikut https://rufus.ie
  • Kemudian sobat jalankan file “rufus.exe” nya dan jangan lupa sobat colok flahsdisk sobat di komputer/laptop.
  • Rufus akan mendeteksi otomatis flashdisk sobat yang tertancap pada port usb sobat.
  • Kemudian sobat pilih tombol “select”, nanti akan di arahkan ke lokasi file windows yang sobat simpan. Untuk file windows sendiri berformat “.ISO”
  • Seperti pada gambar di bawah ini :
  • Kemudian pilih tombol “Open” , sobat akan di arahkan lagi ke aplikasi rufus. Anda dapat melihat bahwa aplikasi ISO telah di pilih. Semua settingan di bawah bisa di sesuaikan agar nanti pada saat instaler berjalan bisa selesai dengan baik. Silahkan pilih tombol “Start” untuk memulai bootable.
  • Kemudian setelah klik tombol “start” akan keluar kotak warning atau peringatan. Silakan klikĀ OK.
  • Rufus akan menjalankan prosesnya. Silakan tunggu hingga proses selesai berjalan.

Rufus adalah aplikasi pembuat USB Bootable yang paling sering digunakan karena memang mudah digunakan dan cepat dalam booting prosesnya. Demikianlah artikel tutorial mengenai cara membuat bootable flashdisk. Semoga bisa membantu anda dalam melakukan install ulang komputer. Selamat mencoba tutorial cara membuat bootable flashdisk diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *