Cara menghapus history pencarian file windows explorer

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagiamana caranya menghapus history pencarian file explorer di windows. Saat kita sedang mencari sesuatu secara langsung, pada saat itu pula kita juga sedang menyimpan file tersebut di folder tetentu.

Tidak mungkin kita akan mencari file tersebut satu-persatu sehingga kita menyita waktu yang banyak sedangkan kita butuh file itu dengan cepat. Kemudian yang kita gunakan adalah kolom pencarian pada “file explorer”.

Ketika kita sudah berhasil mendapatkan file itu, tentu saja yang kita dapat akan tersimpan di history pencarian file explorer.

Tentu saja kita tidak infin orang lain mengetahui hal tersebut karena mungkin bersifat privasi bagi kita. Ya betul sekali, kita akan menghapus seluruh history pencarian tersebut. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

Melalui Registry Editor

  • Buka Registry Editor dengan cara tekan Winkey+R pada keyboard, lalu ketikkan regedit.
  • Kemudian anda akan di bawa ke tampilan registry editornya.
  • Masuk ke direktory
    HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\WordWheelQuery
    • Untuk riwayat pencarian sendiri biasanya berupa angka, cari angka tersebut dan klik kanan- > kemudian pilih delete
  • Sobat juga bisa menghapus seluruh riwayat pencarian dengan klik kanan pada folder WordWheelQuery
  • Kemudian akan muncul kotak dialog yang berisi konfirmasi bahwa Anda akan menghapus seluruh data secara permanen. Klik Yes. Folder tersebut akan hilang dan secara otomatis, riwayat pencarian file explorer Windows sudah bersih.

Mungkin kita akan bertanya setelah kita menghapus history tersebut, apakah folder akan muncul kembali setelah kita mengetikkan sesuatu di kolom tersebut? Tentu, folder tersebut akan muncul kembali setelah kita mengetikkan sesuatu di kolom pencarian tersebut.

Seperti itulah cara untuk menghapus riwayat pencarian file explorer windows. Sekarang kita tidak perlu lagi khawatir jika pencarian tersebut dibaca oleh orang lain dan dapat meninggalkan jejak di kolom pencarian.
Selamt mencoba tutorial tersebut, semoga bermanfaat bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *