Bagaimana membedakan DDR pada RAM

Posted on

Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, dan DDR 3

Berikut ini akan membahas mengenai cara membedakan RAM DDR 1, DDR 2, dan DDR 3.

1. Dilihat dari Jam atau Kecepatan Baca RAM

Cara untuk membedakan RAM DDR 1, DDR 2 dan DDR 3 yaitu dapat dilakukan dengan melihat jam atau kecepatan baca dari RAM. Dan berikut merupakan spesifikasi DDR RAM yang lengkap :

  • RAM DDR 1 mempunyai sebuah nomor seri seperti PC100 dan memiliki kecepatan sebesar 266 MHZ, pada nomor seri PC2700 memiliki kecepatan sebesar 333 MHz, dan pada nomor seri PC3200 memiliki kecepatan sebesar 400 MHz.
  • RAM DDR 2 mempunyai sebuah nomor seri seperti PC4200 dan memiliki kecepatan sebesar 533 MHZ, pada nomor seri PC5300 memiliki kecepatan sebesar 667 MHz, dan pada nomor seri PC6400 memiliki kecepatan sebesar 800 MHz.
  • Dan terakhir pada RAM DDR 3 mempunyai kecepatan yang lebih bervariasi sesuai dengan nomor serinya, yaitu diantara 400 sampai dengan 1066 MHz.

Jika dilihat dari kecepatannya tersebut, sudah dipastikan RAM DDR3 memiliki kecepatan untuk membaca data lebih tinggi dibandingkan dengan DDR sebelumnya.

2. Dilihat dari Bungkusnya

Pada umumnya, sebuah produsen memory telah memasangkan tipe dari RAM DDR yang akan ia pasarkan dan mereka jual. Jadi pengguna tidak perlu repot lagi untuk memeriksanya, cukup dengan melihat bungkusan RAM yang ia beli tersebut. Karena dibungkus tersebut telah dicantumkan tulisan berupa DDR 1, DDR 2 ,dan DDR 3.

3. Dilihat Berdasarkan Kondisi Fisiknya

Umumnya, secara fisik sebuah RAM DDR telah mempunyai semacam insultor ataupun socket pada bagian bawahnya. Tempat atau lokasi socket tersebut sering di sebut dengan bulkheads, dan terletak pada bagian bawah RAM DDR yang berbeda-beda. Lokasi socket pada RAM DDR 1 yaitu berada di bagian tengah memori, pada RAM DDR 2 terletak pada bagian sedikit ke kiri dan yang terakhir yaitu DDR 3 terletak pada lokasi yang lebih ke kiri lagi.

Cara ini memang dianggap lebih sulit, maka dari itu Anda dapat melihatnya pada spesifikasi produk yang ada di RAM yang hendak Anda beli. Cara tersebut dianggap lebih efisien dan lebih efektif.

Dan apabila Anda sudah membeli sebuah PC atau laptop, tetapi tidak mengetahui spesifikasi yang lengkap dari laptop maupun PC yang Anda beli tersebut, maka Anda dapat memeriksa RAM tersebut pada PC ataupun Laptop Anda. Dan berikut cara-cara :

  • Pertama sekali Anda harus membuka Windows Explorer. Untuk lebih mudahnya Anda dapat memencet tombol Windows + E secara bersamaan di keyboard.
  • Selanjutnya Anda harus klik kanan pada My Computer.
  • Lalu Anda dapat memilih menu Properties.
  • Nah, apabila menu Properties telah muncul, maka Anda dapat melihat spesifikasi RAM yang telah terpasang pada perangkan komputer Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan RAM DDR 1, DDR 2, dan DDR 3. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan dan mengetahui jenis dari RAM di laptop maupun PC Anda. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *